Toreh Kembali Prestasi Siswa terbaik SMKN 6 Padang “ DUTA GENRE SOSIAL MEDIA” Kota Padang Tahun 2023 1

Selasa , 28 Februari 2023 ~ Oleh Yuhermita, S.Si ~          

Padang,  Ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Padang kembali digelar di tahun 2023 dan kini telah memasuki babak grand final. Sebanyak 25 pasang finalis yang berasal dari tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat dan perguruan tinggi di Kota Padang itu pun, saling bersaing untuk menyabet predikat Duta GenRe Kota Padang Tahun 2023 pada acara Puncak Apresiasi Malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kota Padang Tahun 2023 di Hotel Truntum, Senin (27/2/2023).

Kembali Siswa SMK Negeri 6 Padang mengukir prestasi membanggakan yang diraih oleh  Velina Wilis (Jurusan Tata Busana) . Prestasi yang diraih oleh dara kelahiran 14 Februari 2006  adalah sebagai  Duta Genre Sosial Media  Kota Padang 2023.

Keberhasilan Velina Wilis tidak lepas dari dukungan semua pihak dan guru pembibing serta pendamping. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran Ibu Kepala Sekolah langsung pada malam puncak.  “Semoga prestasi yang diperoleh  dapat diharapkan menjadi motivasi dan menginspirasi “ tutur Ibu Kepsek Sri Wirdani, M.Pd.

Dalam arahannya, Wali Kota Padang Hendri Septa yang juga selaku Ayah GenRe Kota Padang menyampaikan, pemilihan Duta GenRe Kota Padang sejatinya merupakan sebuah upaya Pemko Padang dalam menyiapkan generasi muda Kota Padang yang berkualitas. Tentunya yang sehat, terhindar dari berbagai permasalahan remaja sekaligus menjadikan remaja yang produktif dan berdaya saing.

"Kita berharap, ajang pemilihan Duta GenRe ini bukan sekadar ajang pemilihan tahunan saja. Namun melalui ajang ini diharapkan para Duta Genre bisa menjadi pelopor dan motivator di tengah-tengah masyarakat nantinya. Terutama sekali mensosialisasikan program GenRe di lingkungan sekolah dan kampus mereka masing-masing," harap Wako Hendri Septa yang disambut antusias hadirin saat itu.

"Selain itu saya juga berharap para Duta GenRe menjadi figur yang terampil untuk dapat berperan mencegah remaja lainnya terutama dari pergaulan bebas, pernikahan dini serta penyalahgunaan narkoba dan hal negatif lainnya," sambung Wako menekankan.

Lebih lanjut Wako Padang itu juga menaruh harapan agar Duta GenRe dapat membantu mencegah dan menekan prevalensi stunting (gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak balita akibat kekurangan gizi) di Kota Padang

Terkahir orang nomor satu di Kota Padang itu mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Padang akan terus berupaya menyiapkan generasi-generasi andal yang dapat dibanggakan dan menjadi generasi emas di tahun 2045 sesuai yang diharapkan Presiden RI.

"Generasi muda kita saat ini menghadapi banyak tantangan dan rintangan. Karena itu mereka harus dibekali dan disiapkan sehingga bisa menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing. Salah satunya melalui pemilihan Duta GenRe ini," pungkas Wako Hendri Septa mengapresiasi.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Kota Padang Eri Sendjaya menyebutkan, pemenang Duta GenRe Kota Padang 2023 nantinya akan mewakili Kota Padang menuju pemilihan Duta GenRe ke tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). (Web-SMK6Padang)