Semangat Siswa SMKN 6 Padang mengikuti Pelaksaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) tahun 2023 1

Laporan : Yuhermita, S.Si

Padang.–  Mulai hari Senin, 20 Februari 2023, SMKN 6 Padang  menyelenggarakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) untuk siswa kelas XII. UKK ini diselenggarakan di ruang di ruang praktik /TEFA yang disediakan oleh sekolah. UKK merupakan salah satu persyaratan kelulusan bagi para siswa SMK dan harus dinyatakan lulus untuk mendapatkan sertifikat keahlian.

Sebanyak 434 siswa kelas XII dari Jurusan Kuliner, Busana,  Kecantikan , Perhotelan, Usaha Layanan Wisata , dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) mengikuti UKK. Ujian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan keahlian siswa dalam bidang masing-masing jurusan. UKK sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu ujian teori, ujian praktik, dan ujian presentasi.

Pelaksanaan UKK SMKN 6 Padang dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan sesuai standar industri. Penguji UKK juga telah berstandar nasional dibuktikan dengan seluruh penguji memiliki sertifikat asesor LSP P1  dan DUDI pada setiap kompetensi keahlian.

Senin, 20 Februari 2023 sebanyak 60 orang siswa Kecantikan mengikuti UKK di Ruang Praktik Kecantikan Lantai 2 dengan Mata Uji Kulit dan Rambut. Pelaksanaan berlangsung selama 3 hari dengan Asesesor dari Andri Salon dan Muslimah Center. Begitu juga dengan Jurusan Busana sebanyak 124 orang siswa juga mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan dengan Doni Rahman Designer ( Ikatan Perancang Busana Sumbar). Untuk Jurusan Busana berlangsung selama 1 minggu dengan penggelar peragaan busana hasil uji (baju pesta Muslimah). Selanjutnya siswa yang akan mengikuti UKK adalah Kuliner (Senin, 27 februari 2023 disusul UPW , dan TKJ serta perhotelan.  

Kepala SMKN 6 Padang, Dra. Sri Wirdani, M.Pd , mengungkapkan bahwa pelaksanaan UKK ini berjalan lancar dan sukses. Para siswa tampak serius dan fokus dalam mengikuti ujian, serta menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Hasil UKK akan diumumkan beberapa waktu ke depan setelah dilakukan proses pengolahan nilai oleh pihak sekolah (web-SMK6Padang).